PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

DEFINISI

Problem Based Learning (PBL) merupakan metoda pembelajaran berdasarkan pada prinsip penggunaan kasus (masalah) sebagai titik pangkal untuk mendapatkan dan mengintegrasikan ilmu pengetahuan yang baru (HS. Barrows, 1982).  Pengertian lain dikemukan oleh Albanese dan Mitchel (1993) PBL adalah metoda instruksional yang ditandai oleh penggunaan  masalah  pasien sebagai konteks untuk mahasiswa mempelajari kemampuan memecahkan masalah dan mendapatkan pengetahuan tentang ilmu-ilmu dasar kedokteran dan klinik.

SEJARAH

Sejarah PBL sebenarnya telah dimulai pada tahun 1920 ketika itu Celestine Freinet, seorang guru SD yang baru kembali dari Perang Dunia I kembali kekampung halamannya di sebuah pedesaan di Barsur-loup di bagian tenggara Perancis. Ia menderita cedera yang serius dan menyebabkannya tak bisa bernafas panjang. Ia sangat ingin mengajar kembali di SD tetapi ia tida sanggup untuk bersuara keras dan lama. Sebagai gantinya ia menggunakan metoda lain menggantikan metoda tradisional yang biasanya dianut ketika itu. Ia meminta murid-muridnya untuk belajar mandiri dan ia hanya memfasilitasi saja. Inilah awal pertama cikal bakal PBL diperkenalkan. Sejarah PBL modern dimuali pada awal tahun 1970 di Mc Master University Faculty of Health Science di Kanada. Sejak itu PBL dipakai secara luas di banyak negara.

MENGAPA PBL ?

Ada beberapa alasan mengapa PBL digunakan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi yaitu

  1. Seorang lulusan tidak dapat menaggulangi masalah yang dihadapinya hanya dengan menggunakan satu disiplin ilmu. Ia harus mampu menggunakan dan memadukan ilmu-ilmu pengetahuan yang telah dipunyai atau mencari ilmu pengetahuan yang dibutuhkannya dalam rangka menanggulangi masalahnya.

Melalui PBL yang diawali dengan pemberian masalah pemicu kepada mahasiswadapat menerapkan suatu model pembelajaran secara spiral (spiral learning model) dengan memilih konsep dan prinsip yang terdapat dalam sejumlah cabang ilmu, sesuai kebutuhan masalah. Dengan diberi sejumlah masalah pemicu, diharapkan sebagian besar/seluruh materi cabang ilmu dicakup.

  1. Integrasi antara berbagai konsep/prinsip/informasi cabang ilmu dapat terjadi
  2. Kemampuan mahasiswa untuk secara terus menerus melakukan “up-dating” / pengembangan pengetahuannya tercapai
  3. Perilaku sebagai seorang “ life long learner” dapat tercapai
  4. Langkah-langkah PBL yang dilaksanakan melalui diskusi kelompok dapat menghasilkan sejumlah ketrampilan sebagai berikut
    1. ketrampilan penelusuran kepustakaan
    2. ketrampilan membaca
    3. ketrampilan/kebiasaan membuat catatan
    4. kemampuan kerjasama dalam kelompok
    5. ketrampilan berkomunikasi
    6. keterbukaan
    7. berpikir analitik
    8. kemandirian dan keaktifan belajar
    9. wawasan dan keterpaduan ilmu pengetahuan
  5. Dapat mengimbangi kecepatan informasi atau ilmu pengetahuan yang sangat cepat.

 

LANGKAH-LANGKAH PBL

Setelah mahasiswa menerima skenarion/masalah pemicu, masing-masing mahasiswa perlu membaca dengan cermat seluruh masalah pemicu. Setelah selesai, selanjutnya dalam kelompok (yang sudah disusun oleh pengelola) melakukan langkah implementasi PBL yang terdiri atas 12 langkah (Brenda)

  1. Clarification and definition of the problem
  2. Analysis of the problem
  3. Development of Hypothesis (ses) / plausible explanations
  4. Identification and characterization of the knowledge needed
  5. Identification of what is already known
  6. Identification of appropriate learning resources
  7. Collection of new information/knowledge
  8. Synthesis of old and new information, and understanding of it by application to the problem
  9. Repetition of all or some of the previous steps as necessary
  10. Identification of what was not learned
  11. Summary of what was learned and if possibe
  12. Testing the understanding of the knowledge by its application to another problem.

 

This entry was posted in Info Pendidikan, Metode Pembelajaran and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s