MOTIVASI BERPRESTASI

Motivasi

Motivasi adalah daya penggerak di dalam diri seseorang untuk berbuat sesuatu. Motivasi merupakan keadaan internal organisme (individu), yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Motivasi berperan sebagai pemasok daya (energizer) untuk bertingkah laku secara terarah (Gleitman, 1986, Reber, 1988 dalam Muhibinsyah. 2000)

Motivasi dapat dibedakan atas dua bagian yakni :

  • Motivasi Intrinsik yaitu dorongan / daya penggerak yang datang dan bersumber dari dalam diri seseorang.

Contoh: Dari dalam jiwa ada dorongan ingin tahu, ingin bisa, ingin memiliki dan lain-lain.

  • Motivasi Ekstrinsrik yaitu dorongan untuk berbuat sesuatu karena ada rangsangan (stimulus) dari luar diri.

Contoh: seseorang giat belajar karena dorongan dari orang tua, ingin dihadiahi sepeda motor, ingin dihargai dan dipuji, dan lain-lain.

Dalam belajar, kedua jenis motivasi ini dapat dimaksimalkan dan saling mengisi. Namun, yang lebih efektif dan konsisten adalah motivasi instrinsik yang memang tumbuh dari hati yang paling dalam, sehingga murni dan ikhlas.

 

Motivasi Berprestasi

Motivasi berprestasi (need for achievement = n-Ach) adalah suatu dorongan atau kebutuhan dalam diri seseorang untuk meraih hasil atau prestasi tertentu. Motivasi ini ditandai dengan adanya dorongan untuk berusaha keras mencapai prestasi (kinerja), bekerja dengan lebih baik, lebih efisien, dapat lebih cepat dari yang sudah – sudah / sebelumnya.

Indikator-indikator motivasi berprestasi:

  • Orang yang tinggi motivasi berprestasinya, selalu lebih suka dan puas dengan prestasi hasil usaha sendiri.
  • Ia paham benar bahwa sukses itu bukan sekedar nasib mujur, tetapi hasil perjuangan. Jika menemui suatu kegagalan bukan berarti sial, namun memang volume usahanya masih kurang.
  • Senantiasa berusaha mencari umpan balik dan evaluasi, guna memperoleh masukan untuk berusaha lebih keras lagi !
  • Suka tantangan dan memilih tugas / pekerjaan yang resikonya realistis, yaitu yang didukung kemampuan nyata. Yang resiko gagalnya sama dengan resiko berhasilnya, berarti berbanding 50% = 50%.
  • Orang yang rendah motivasi berprestasinya hanya memilih pekerjaan yang lunak, kecil resikonya sehingga tidak perlu banyak usaha, atau sebaliknya memilih resiko super tinggi tanpa perhitungan sehingga jika gagal bisa cari – cari alasan atau malah lari dari tanggung jawab.
  • Mereka kreatif, lebih gigih, enerjik, lebih suka bertindak daripada berdiam diri, produktif dan penuh inisiatif.

Mereka mampu mengukur / mengelola kemampuan secara realistik (masuk akal), cermat dan bertujuan jangka panjang. Mereka sungguh – sungguh terlibat dengan usahanya; bekerja / belajar selalu tuntas. Mereka sadar bahwa berprestasi besar itu tidak bisa diraih dalam waktu singkat dan mudah.

Motivasi berprestasi bukan dibawa sejak lahir, tetapi dipelajari, dilatih, ditingkatkan dan dikembangkan. Langkah – langkah untuk meningkatnya sebagai berikut :

  • Tetapkan Tujuan (goal setting).

Tanamkan sugesti dan keyakinan bahwa seseorang itu dapat berubah dan memang harus selalu berubah menuju titik optimum. Buatlah target dan tujuan misalnya dalam waktu seminggu ini prestasi kita harus tambah 5%.

  • Belajar Menggunakan Bahasa Prestasi.

Mulai dari cara berpikir, bercakap, bertindak dan menanggapi sesuatu mencerminkan suasana etos kerja keras untuk berprestasi.

  • Belajar Sendiri (Otodidak).

Mereka berupaya menganalisis dirinya. Adakah perilaku, kebiasaan dan cara berpikir yang kurang menguntungkan.

  • Memanfaatkan motivasi.

Dorongan dapat dibangun dari dalam diri (Self motivation). Demikian juga dorongan dari luar dapat dimanfaatkan misalnya dukungan emosional dan rasional dari orang-orang terdekat.

This entry was posted in Info Pendidikan, Materi Pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s